dasar code igniter

Cara – cara Dasar CodeIgniter

Jika anda tidak ingin mengandalkan platform blog untuk membuat website, maka gunakan CodeIgniter. Berikut merupakan cara dasar Codeigniter untuk para pemula.

Salah satu keunggulan CodeIgniter adalah friendly user sehingga anda dengan mudahnya menggunakan aplikasi ini. Tentu anda perlu mencari tutorial yang perlu digunakan oleh anda untuk memahami dasar Codeigniter. Anda bisa menggunakan platform seperti wordpress atau blogspot untuk dapat membuat website sendiri.

Namun jika anda ingin membuat website sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat website anda sendiri. Salah satunya adalah Code Igniter. Aplikasi yang satu ini seperti yang dijelaskan sebelumnya dapat digunakan untuk merancang website yang ingin anda miliki. Berikut adalah sekilas penjelasan tenang beberapa cara dasar Codeigniter yang bisa anda pelajari sebelum menggunakannya.

Langkah – Langkah untuk memahami Dasar Codeigniter

Pada dasarnya banyak sekali aplikasi untuk membuat atau merancang website sendiri. Masalahnya adalah apakah nantinya anda akan cocok menggunakannya jika anda sendiri tidak memahaminya dengan baik. Jika anda sudah memahaminya, maka anda perlu praktik pula terhadap tutorial yang diajarkan untuk anda. Berikut ini adalah sedikit pembahasan tentang memahami secara umum aplikasi Code Igniter. Semoga anda memahaminya dengan baik agar anda tidak kebingungan.

  1. Gunakan versi CI yang mana?

Saat ini sudah banyak versi Code Igniter yang dihasilkan. Tentu saja semakin banyak versi maka semakin bayak pula kelebihannya. Jadi sangat jelas sekali jika harus menggunakan versi terbaru. Namun hal ini tidak terlau benar karena pada dasarnya untuk memahami dasar Codeigniter anda bisa menggunakan versi CI apa saja.

Jelas yang paling diutamakan adalah spesifikasi PC yang anda gunakan. Jika anda memiliki spesifikasi yang tidak sesuai dengan CI terbaru, maka hal itu akan sangat sulit untuk anda belajar menggunakan CI. Tetapi jika anda menyesuaikannya, mungkin saja anda bisa melakukannya dengan baik tentang Code Igniter.

  1. Set Up Code Igniter Pertama kali

Jika anda sudah selesai install, maka anda bisa set up untuk pertama kalinya. Adapun cara set up yang akan diperlihatkan untuk anda sebagai salah satu cara untuk memahami dasar Codeigniter berikut ini adalah caranya,

Anda tinggal ketik

$config[‘base_url.] = ‘http://localhost/cobaci/’:// sesuai dengan nama website yang anda inginkan

Setelah itu nantinya anda bisa membuat halaman pertama anda di CI. Untuk pedomannya sebaiknya anda usahakan untuk memahami dengan baik bahas program yang diperlukan CI. Jika perlu anda bisa mencari referensi lewat buku atau orang = orang yang ahli menggunakan CI untuk membuat dan memperbaiki website.

  1. Pilih Website Buatan sendiri atau Instan

Pada dasarnya semua sama – sama pilihan yang baik. Jika anda ingin membuat website sesuai dengan keinginan anda, maka hal ini sudah sewajarnya anda pelajari dasar Codeigniter. Pada dasarnya kelebihan dari website yang anda gunakan dalam platform tertentu adalah anda tidak perlu lagi coding karena sudah instan diberikan dan dapat langsung digunakan.

Bedanya dengan membuat, maka anda dari awal akan memulainya dengan bahasa pemrograman. Hal ini mungkin sedikit lama namun tetap saja hal ini akan memberikan kepuasan tersendiri jika anda sudah memahami bagaimana cara membuatnya. Selain itu anda bisa desain website anda sendiri sebagai salah satu keuntungannya.

Demikian pembahasan tentang dasar Codeigniter untuk anda. Semoga anda tetap semangat dalam mempelajari aplikasi yang satu ini untuk membuat website anda sendiri. Semoga anda dapat mencobanya sendiri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *